Senin, 22 Desember 2008

PENGALAMAN OLIMPIADE MTK part 1 - terpilih mewakili Batam

Wew, pas itu aku kelas 2 smp ,, aku pas itu (gak kayak sekarang pemalas super) lagi rajin-rajin nya belajar,,
ntah kenapa semangat Tut Wuri Handayani Selalu muncul di otakku...
Dulu aku tinggal di bida ayu , apa itu BIDA AYU ?? well , lebih tepatnya itu perumahan yang agak terpencil dari kota.
jadi gini ceritanya ,,
disana itu ,, sinyal TV gak nyampe ?? (bayangkan coba)
jadi karena aku juga baru pindah disana pas kelas 1 smp dari nagoya,, dan gak ada teman nya,
jadilah hasil nya. Aku hanya bergaul dengan buku-buku pelajaran .
Dan Ada satu mata pelajaran yang kusuka.
apa itu ??
.
.
.

.
.
.

MATEMATIKA !!!

Yeahh ,, dulu aku sangat addicted sama MTK ,, pelajaran satu ini bahkan pas aku kelas 2 , aku udah mempelajari pelajaran MTK kelas 3 , tapi gak kayak seaddicted sekarang, Sekarang malah addicted jadi programmer lah,gitaris lah, arsitek lah

Nah lanjutin ceritanya ,,

pada saat itu , pas aku kelas 2 . ada seleksi di sekolah.
Seleksi nya bertujuan untuk mengumpulkan anak-anak murid yang berbakat di bidang mata pelajaran sains untuk diikutkan pada ajang seleksi olimpiade yang diadakan di gedung beringin Batam.


Nah, pas seleksi untuk bidang MTK , aku ikut deh ,,

pada saat itu sainganku :
Fitria
: Anak Cewe yang juga juara kelas di sekolah , berkacamata min 6 (buset), rambut di ikat , kulit sawo matang,
dia jago biologi pas itu
Nora
: Nih anak pindahan SMP N 06 (yang katanya unggulan itu) yang cukup berbahaya,,haha
Nafika
: Anak yang ga tau kenapa tiba2 bisa jadi super pintar..
Dan juga murid2x yang lain ,, yang aku lupa nama mereka (sori teman)


Dan kompetisi dimulai,,

kami diberi kertas soal yang ditutup dan gak boleh dibuka .
TENG !!!
Waktu di mulai untuk mengerjakan soal.
Ada 10 soal yang harus dikerjakan kurang dari 20 menit..
Aku pun mulai membuka kertas soal..
JRENG JRENG JRENG JRENG !!!
tampaklah 10 soal biadab namun menarik itu,,, agak keringat dingin aku mengerjakannya,,
tapi untung aku sudah belajar dengan baik (ceileh)
yeah !!!
yosua !!! yosua !!! yosua !!!
tampak britney spears , lindsay lohan dan hillary duff mensupport ku dari pintu kelas (bagian ini hanyalah fiksi belaka)


Dan...



Finally .. aku mengangkat tangan duluan ,, dan Pak Anwar pun memencet stopwatch yang dipegangnya dari tadi..

"berapa waktu saya , Pak ?"
" kamu 13 menit 41 detik , tapi belum tentu benar semua. tunggu yang lain" kata Pak Anwar
"Ok pak" ucapku

Dan kemudian disusul fitria yang waktunya agak lama, dan murid2x lain ,,

lalu , pada saat semua sudah siap ,
Bu Guru MTK saya (maaf lupa namanya, karena dia semester 2 kelas 2 pindah) pun mengoreksi Jawaban kami,
Kami pun diperbolehkan istirahat , Dan Pengumuman Siapa yang lolos nya akan diumumkan setelah jam istirahat.
Alhasil kami jadi deg2an..
dan tibalah pada saat itu pengumuman di umumkan, kami berkumpul di lab bio ,
"Baiklah , anak-anak murid ku . Ibu sudah mengoreksi jawaban kalian, dan akhirnya ada satu orang yang akan terpilih sebagai murid yang akan dikirimkan di bidang MTK"
deg deg an kami pun semakin kenceng ,,
deg

deg

DEG...

DEG...


"Dengan waktu tercepat dan benar 10 soal dengan poin 950 , Yosua , kamu akan mewakili sekolah ini"
Aku pun langsung sembah sujud ke tanah ,, memeluk britney spears yang telah mensupport aku tadi (ooppss, bagian yang ini fiksi lagi)

hehe, gak kok .
aku cuma senang di dalam hati,
"Yosua , kamu sebulan ini akan ibu latih, supaya bisa siap untuk ikut tes olimpiade nanti"
"Baik Bu!!!" Ucap Ku
yeah pada akhirnya , besok nya ada tes Biologi dan Tes Fisika dan terpilihlah si F dan Si N ( Nama Disamarkan agar melindungi orangnya )


Yah ,, akhirnya terpilihlah kami sebagai wakil sekolah kami yang sederhana ini,, heu heu heu

.
.
.
.
.


_-_SEBULAN KEMUDIANN_-_





Setelah aku , F , dan N melenggang belajar pusing sebulan dididik oleh guru mata pelajaran kami masing-masing. akhirny tibalah hari itu , seleksi siswa olimpiade sains yang akan di kirimkan ke Tanjung Pinang.

Kami pun segera ingin menuntaskannya , walaupun dalam sebulan ini kami sering gak masuk kelas gara2 sibuk mendalami mata pelajaran kami di ruang serbaguna , kadang-kadang di traktirin mie ayam sama guru, kadang pusing sendiri ngerjain soal, tapi kami pingiiin segera mengeluarkan cepat2x Semua materi yang sudah menumpuk di otak ini , agar tak ada beban lagi

Kami berangkat pukul 11.30 dan pada saat itu kami naik carry ( ituloh ,semacam metromini gaul di batam) haha,

karena sekolah kami tuh sekolah yang masih baru dibangun dan agak terpencil dari kota, jadi agak mahal ongkosnya ke Gedung Beringin. Tapi kami gak perlu khawatir , Ongkos akan ditanggung sama Bu Kepala Sekolah
jadilah kami . 3 orang terpilih (sok x) dan guru pendamping kami masing-masing.

Setelah tiba disana

Aku , N dan F pun mengambil tempat duduk sesuai bidang masing-masing. Pas itu , kursi untuk peserta lomba MTK di pisah dengan BIOLOGI dan KIMIA ..
lalu aku duduk di kursi barisan peserta MTK, duduk agak di tengah dikit.
guru pendamping kami berkumpul dengan guru pendamping murid lain di ruang serba guna.
Aku lihat muka-muka para SAINGAN ku. ada yang berkacamata menyeramkan, ada yang mupenjo (Muka Pengen Ditonjok) , ada yang cantik (loh?) , ada yang kayaknya kuper x,

Ah .. untung lah muka aku ini biasa-biasa aja, Gak ganteng gak jelek , tapi Imut *dibakar warga sekampung*

mereka pun ada dari sekolah unggulan ,sekolah kaya,sekolah high-tech.
wah wah wah, sekolah kami aja baru di bangun , itupun musholla blum ada, lab bio belum dipakai secara maksimal,lab fisika blum ada . Kami jadi agak pesimistik.
Tapi itu tidak mematahkan semangat kami untuk ikut berlomba !!!

Lalu si MC pun memulai pembukaan lomba ini dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kami diundang untuk bangkit berdiri untuk menyanyikan lagu hikmat ciptaan Pak W.R Supratman itu (ya iyalha, wajib itu)

Indonesia Tanah Airku

Tanah Tumpah Darahku

Disanalah Aku Berdiri

Jadi Pandu Ibuku

Indonesia Kebangsaanku .. bla bla

Selesai..


Lalu dia pun memberitahu jalan permainan, eh maksud saya ,, tata cara ikut kompetisi, Setelah dia cuapcuapcapciscus gak jelas gitu akhirnya lombapun dimulai,,

untuk mata pelajaran MTK 20 soal 2.5 jam
untuk biologi 50 soal 1.5 jam
untuk fisika 20 soal 2 jam

TENG!!!!!

Waktu dimulai


aku buka kertas soal,
hmm.,..

soal 1 , 2 lancar banget ngerjainnya

3,4 gampang,cuma caranyapanjang

5,6,7 gampang juaga, soalnya penuh dengan trik menjebak.Tapi aku sudah antisipasi itu

8,9 euh ?? lumayann susah

10,11 aih!! soal apa ini ???

12-20 AHHHHHHHHH!!!!!! Ini APA2x an sih????



Gila,, neraka semakin dekat padaku pada saat soal 11-20

itu soal bukannya susah minta ampun.Tapi sama sekali belum aku pelajari secara sempurna!!
(masak kelas 2 smp dikasih permutasi lah, log lah , trigonometri )
Alhasil aku tuh ngerjainnya otak-atik otak dengan manual

ibarat ada 4 angka yang disusun untuk jadi BM mobil 4 urutan, berapa susunan berbeda yang munngkin terjadi
rumusnya itu rumus 4! = 4x3x2x1 = 24
Nah ,, karna aku belum mempelajari ,, aku hitung satu2x dengan diurutkan

1234 , 1243 , 1342 ,1324 ahhhh ,,
begitulah

soal 11-20 itu pake cara manual yang memakan waktu lama..
sementara murid2x yang ikut tes Biologi selesai , disusul murid2x yang tes fisika 30 menit
Kemudian

aku semakin khawatir, keringat jatuh bercucuran ,udah agak panik..
alhasil aku yang paling lama ngumpul dan hampir gak diterima..
tapi untung aku ngumpul tepat pada waktu tenggang terakhir.. hehehe

Dan setelah itu kami ngumpul diluar

gimana tadi
"aduh pak ,itu loh yang ikan di insangnya , bla bla bla (ngerocos gak jelas dia saya gak ingat)" kata si N
sementara si F pasang muka2x pasrah , guru pembimbing nya juga pasang muka pasrah
nah saya?? saya pasang muka pengen berak aja deh!! haa, saya juga pasrah aja pas itu.
"ya, kita kan sudah berusaha nak . Sekarang serahkan aja semua kepada Allah SWT"
betul kata ibu guru, lalu kami pulang jam 4 sorean gitu deh..
eh sempet-sempetnya makan di resto bunda kanduang ,
lumayan,,

Setelah seminggu gak ada kabar yang jelas, gak ada angin ribut , gak ada topan . Tiba2 pas lagi belajar di kelas. Aku dipanggil kepala sekolah ke ruangannya.

Loh ada apa ini ??
Apa blum bayar BP3 ?? (Perasaan dapat beasiswa terus)
Sering Terlambat?? (emang udah sifat mendarah daging saya terlambat)
Sering Ngutil Keripik Bude Kantin (yang ini gak ada yang tau,,,hehe,eh,kok saya umumin di publik??)

Dan saya pun keluar dari kelas , menuju ruang Bu Kepala Sekolah.

pas dipintunya saya lihat kursi panas didepan meja nya,
ya.. kursi itu biasa diduduki oleh murid2x bermasalah , atau guru yang krn omel kepala sekolah..
aku udah mau ke wc pengen kencing. merinding nengok kursi itu..
tapi aku memberanikan diri , agar bisa kuat untuk duduk di kursi itu..(halah,lebai lagi)
kemudian aku pun duduk, dan kami memulai pembicaraan.
"Yosua"
Tegurnya agak lantang
"I, i, i,i,yaaa .Bu"

"Kamu dapat mimpi apa semalam?"

"Gak Ada mimpi bu,"

(loh ini kok kesannnya kayak mau dapat hadiah piring cantik aja yah??)

"Oh begitu,tapi kamu lolos loh ikut olimpiade ke tingkat provinsi . Kamu Juara 2 sekota batam"
Ucapnya Lega
"Hah , masak bu??"

"Di dapur donk"
Canda Bu Kepala Sekolah
"Ah, Ibu serius donk???"

"Iya , Ibu serius .. 2 hari lagi kamu ikut technical meeting yah!! sama peserta lain yang lulus."

"dari smp kita cuma saya aja bu?" tanyaku
"
ya, cuma kamu. Tapi ibu bangga , walaupun SMP 6 (yang katanya unggulan) meloloskan 3 muridnya semua. Tapi kita skul baru bisa mengirimkan 1 . Setidaknya Ibu sudah cukup senang"
"..........."
aku diam senang
" trus seminggu lagi kamu ikut ke tanjung pinang , jadi siapkan barang2 mu. Dan ini ada sedikit uang untuk jajan disana"

Ibu Kepala Sekolahpun memberikan
200ribu rupiah..
jumlah yang tidak sedikit untuk saya waktu itu..
yeah!!!!!! sayapun joget2 pisang
dan saya pulang pun membawa kabar gembira. Mama saya turut senang
dapat deh uang lagi 100 rb dari mama , 100 rb dari papa, 100 rb dari paman, Pokoknya panen duit sampe saya bisa beli HP Nokia N-GAGE (yang sekarang udah almarhum , hii)
dan dalam seminggu ke depan saya dan murid lain (akan saya perkenalkan di part 2 cerita ini) akan bertanding di tanjung pinang dengan murid2 pilihan Tanjung Pinang, T Balai Karimun ,Natuna , Riau Darat. dll


TANJUNG PINANG .. HERE I COME!!!!!!!!!!!!!!!!!!!



bagi yang gak tau tanjung pinang dimana, nih petanya, hehe

9 komentar:

  1. gilaaaaa
    pusing aku bacanya
    sori gak selesai baca soalnya....tulisannya semua berjibunnnnnnn
    *jangan banyak2 tulisan ya laen kale?
    haehaeheaha

    BalasHapus
  2. hmmm...
    wahhh pusink guys bacanya..

    tulisannya panjang bener, lagian warnanya juga ngejrenk banget...:D

    *no offense*

    terus ngeblog y!!!
    huahahahha
    salam goblog:D

    BalasHapus
  3. wahahaha , terus gimana di Tanjung Pinang ?
    Lolos ?

    BalasHapus
  4. huaa.. ternyata yosu hebat juga

    BalasHapus
  5. uwoooo hidup matematik~~!!!!!

    BalasHapus
  6. wahahaha... pengalaman yang tak terlupakan yah Yos? Mantap X (ikut2an pake "x", hehehe). salam -japs-

    BalasHapus
  7. @beni , @budiono : ya , makasih masukannya baru pemula soalnya
    リンダ : gak ,,
    @shabrina : (dance)
    @pingko : (rock)
    @japswords : iya , ggak kelupaan x (pake x juga)

    BalasHapus
  8. hm..apalgi yuni.akhirnya yuni print ini tulisan dan bentar lagi mu dibaca sambil tiduran.

    BalasHapus

Mengenai Saya

Foto saya
Me , Anak yang lugu , sopan, imut , ganteng , *dibakar massa* hehe keep in touch with me on friendster, facebook and plurk : buzzdelta@yahoo.com add juga ym : buzzdelta heiho!!! permisi dulu !!!

Kamu Pengunjung Ke :